You need to enable javaScript to run this app.

VISI DAN MISI MTs MA'ARIF BAKALAN

A. Visi MTs Ma’arif Bakalan

Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakalan sebagai lembaga pendidikan dasar berciri khas Islam perlu mempertimbangkan harapan peserta didik, orang tua dan masyarakat dalam merumuskan visinya. Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakalan juga telah berupaya merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalaam ilmu pengetahuan dan teknologi, era informasi dan globalisasi yang sangat cepat. Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Bakalan ingin mewujudkan harapan dan respon dalam visi berikut: “Iman, Taqwa Berprestasi dan Berakhlakul Karimah”

Indikator ketercapaian visi MTs Ma’arif Bakalan adalah sebagai berikut:

1. Beriman Dan Bertaqwa

  1. Menjalankan peritah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
  2. Unggul dalam disiplin.
  3. Terbiasa senyum, salam, sapa, sopan dan santun.
  4. Hafal dan fasih bacaan salat, gerakan salat, dan keserasian gerakan dan bacaan.
  5. Hafal dan fasih do’a setelah salat, do’a-do’a harian.
  6. Terbiasa berdoa, membaca Asma’ul Husna, dan shalawat.
  7. Hafal Juz ‘Amma dan surah Yassin.
  8. Tertib menjalankan shalat fardhu dan shalat dhuha.
  9. Terbiasa memberikan infaq dan shodaqoh dan mujahadah.
  10. Mampu mengelola dan sekaligus sebagai petugas dalam kegiatan keagamaan di masyarakat.
  11. Unggul dalam kepedulian social.

 

 3. Berprestasi

  1. Unggul dalam menghasilkan prestasi akademik dan non akademik.
  2. Unggul dalam perolehan nilai ujian.
  3. Unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya.
  4. Unggul dalam penguasaan Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
  5. Unggul dalam Olimpiade/Kompetisi Sains.
  6. Unggul dalam lomba Karya Ilmiah Remaja.
  7. Unggul dalam seni Rebana/ Seni Hadroh.
  8. Unggul dalam lomba Olah Raga dan Seni.
  9. Unggul dalam lomba Tilawah.
  10. Unggul dalam lomba Pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
  11. Unggul dalam lomba kepemimpinan.

 

3. Berakhlakul Karimah

  1. Menjunjung tinggi serta mengimplementasikan akhlakul karimah yang berhaluan ahlusunnah wal jama’ah.
  2. Santun dalam berucap, bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Ta’at pada aturan baik di madrasah, di rumah, maupun di lingkungan sekitar.
  4. Bisa menjaga nama baik al mamater madrasah.
  5. Jujur
  6. Amanah
  7. Sidiq
  8. Fatonah
  9. Disiplin
  10. Sportif
  11. Tanggung jawab
  12. Percaya diri
  13. Hormat kepada orang tua dan guru
  14. Menyayangi sesama
  15. Suka menolong

 

B. Misi MTs Ma’arif Bakalan

Untuk mewujudkan visi tersebut, MTs Ma’arif Bakalan melakukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut:

  1. Menumbuhkan penghayatan peserta didik terhadap ajaran Islam dan karakter budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam berpikir dan bertindak
  1. Melaksanakan pembelajaran yang efektif dan profesional yang menumbuhkan dan mengembangkan peserta didik meraih prestasi akademik dan non akademik
  2. Melaksanakan pengelolaan madrasah dengan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan kelompok kepentingan secara transparan dan akuntabel
  3. Melaksanakan program bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
  4. Melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai bakat dan minat sehingga setiap peserta didik memiliki keunggulan dalam berbagai ajang kompetesi seni dan olah raga madrasah dan kompetisi sains madrasah
  5. Menumbuhkan dan mengembangkan budaya religius, jujur dan disiplin dalam setiap aktivitas di lingkungan madrasah.

 

C. Tujuan MTs Ma’arif Bakalan

Berdasarkan tujuan pendidikan dasar, visi, dan misi madrasah maka tujuan MTs Ma’arif Bakalan adalah sebagai berikut.

  1. Mampu mewujudkan kebiasaan beribadah sesuai ajaran Agama Islam sebagai dasar pembentukan akhlak mulia.
  2. Meningkatkan penyusunan kurikulum yang sesuai dan relevan dengan panduan BSNP serta mampu memenuhi kebutuhan pengembangan peserta didik
  3. Meningkatkan ketercapaian target akademik yang diharapkan serta berkembangnya potensi peserta didik agar tumbuh sebagai anggota masyarakat yang bermanfaat
  4. Peningkatan kualitas kehidupan beragama peserta didik yang ditandai dengan:
    1. Rutin melaksanakan shalat wajib, dengan cara dan bacaan yang benar.
    2. Tahfidz Juz-‘Amma, do’a harian dan Surat Yassin
    3. Membaca Asmaul Husna dan Shalawat Nariyah setiap hari menjelang belajar dan do’a setelah selesai belajar.
    4. Menjuarai lomba di bidang keagamaan tingkat kabupaten/provinsi
  5. Membekali peserta didik dengan pendidikan karakter hidup secara integratif dalam mata pelajaran, melalui ekstrakurikuler, dan secara umum dalam pengelolaan pendidikan.
  6. Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi pekerti sebagai cerminan akhlak mulia, iman dan takwa.
  7. Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik di tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, dan nasional.
  8. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam penguasaan Teknologi Informasi dan komunikasi.
  9. Terwujudnya lingkungan madrasah yang bersih, nyaman, Islami dan kondusif untuk belajar.
  10. Peningkatan kelengkapan sarana dan prasarana menuju keadaan yang ideal.
  11. Terwujudnya hubungan yang harmonis dan dinamis antar warga madrasah dan masyarakat.

 

 D. Strategi

  1. Meningkatkan fungsi dan peran kepala Madrasah sebagai administrator, manajer dan supervisor
  2. Meningkatkan hubungan kerjasama dan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah setingkat
  3. Memantapkan koordinasi internal dan hubungan kerjasama yang harmonis dengan seluruh warga Madrasah
  4. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan keluarga pegawai Madrasah peserta didik
  5. Menetapkan dan meningkatkan pelaksanaan 5K


 

Bagikan artikel ini: